Friday, April 19, 2019

Diskusi 3 Sesi 3 Profesi Keguruan

Diskusi 3
Sesi 3 Profesi Keguruan


Materi Inisiasi 3.1


Materi Inisiasi 3.2


Materi Inisiasi 3.3


No. Materi Type File Link Download
1.
Inisiasi 3.1
PPT
2.
Diskusi 3
Pdf
3.
Tugas 1 
Pdf

Pada forum diskusi ini akan membahas mengenai kasus yang berkaitan dengan hubungan penguasaan materi dengan kemampuan belajar, dan keputusan situasional dan transaksional.

Masalah :

Penguasaan materi menjadi landasan pokok seorang guru untuk memiliki kemampuan mengajar. Menurut pendapat anda, bagaimana cara guru dalam memilih materi pelajaran ?

Jawaban :

Pendapat saya :

Sebelum memilih materi pelajaran, seorang guru harus menguasai materi pelajaran dahulu, kemudian metode mengajarnya, lalu memilih materi pelajaran. Untuk memilih materi pelajaran, sebaiknya memenuhi  kriteria di bawah ini yaitu :

Bahan bidang studI yang di ajarkan bersifat fundamental (mendasar). Bahan bidang studi ini adalah paling mendasar untuk di ajarkan dan perlu di kuasai oleh setiap anak. Seperti dalam pelajaran matematika, bilangan ½ lebih mendasar daripada bilangan 1/11, 2/27 dan lain – lain. Dalam kaitan dengan ini , ada dua prinsip belajar yang dapat membantu keyakinan guru dalam mengajar, yaitu :
  • Bahwa dengan mempelajari bahan bidang studi dasar itu maka bahan – bahan lainnya di luar itu akan turut terpelajari. 
  • Bahwa di kuasainya pengetahuan bahan bidang studi dasar akan memberi landasan kepada penguasaan bahan bidang studi lainnya.

Bahan bidang studi hangat (current event).
Hal – hal yang terjadi di masyarakat, seperti pelestarian lingkungan hidup, dapat di jadikan bahan untuk di masukkan  ke dalam bidang studi yang diajarkan di sekolah. Bahan bidang studi ini dapat di jadikan bagian integral dari kurikulum IPA atau IPS.

Bahan bidang studi yang harus di hadapi berulang – ulang oleh manusia dalam kehidupan sehari – hari (persisten life situation). Seperti masalah –masalah yang bertalian dengan kesehatan, ekonomi, pendidikan, kesenian dan keterampilan. Bahan bidang studi ini perlu di pelajari sepanjang masa sehubungan  dengan kebutuhan. 

Bahan bidang studi yang mengandung unsur pemecahan masalah. Untuk membina ketrampilan memecahkan masalah, bahan bidang studi yang di ajarkan harus mengandung unsur pemecahan masalah disamping cara mengajarkannya. Misalnya siswa sering dihadapkan pada kasus banjir yang sering melanda tempat tinggalnya. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara mengadakan percobaan bersama siswa dalam bentuk praktikum berupa penyiraman air terhadap dua kotak yang satu berisi tanah, sedangkn yang satu lagi tanah yang berumput. Hasil dari percobaan tersebut memberikan kesimpulan kepada siswa akan perlunya reboisasi atau penghijauandi daerahnya.  

Bahan bidang studi yang praktis, artinya bahan yang dapat di gunakan untuk kehidupan sehari – hari. Contoh : bilangan ½ lebih praktis untuk di ajarkan dari pada 1/11, sebab bilangan ½ banyak di gunakan dalam perhitungan jual beli di pasar – pasar dan di tempat – tempat lain.


TUGAS TUTORIAL I
Program Studi IP/TP
Kode Mata Kuliah MKDK4005
Nama Mata Kuliah Profesi Keguruan
Jumlah sks 2 sks
Nama Pengembang Edi Kurniawan, S.Pd. M.Pd
Nama Penelaah
Tahun Pengembangan 2018
Tahun Pengembangan Baru/Revisi*
Edisi Ke- 1

No. Uraian Tugas Tutorial Skor Maksimum Sumber Tugas Tutorial
1.
Bedakan istilah profesional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalisasi dalam profesi guru !
30
Modul 1, KB 1.
2.
Penguasaan materi menjadi landasan pokok seorang guru untuk memiliki kemampuan mengajar.
a. Jelaskan perlunya guru menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan kepada siswanya !
b. Metode mengajar apa saja yang diperlukan guru dalam menyampaikan materi ?
40
Modul 2, KB 4.
3.
Keputusan situasional berawal dari analisis situasi. Jelaskan maksud dari pernyataan berikut !
30
Modul 2, KB 5


Link Download Pdf ada di tabel atas




0 comments:

Post a Comment